fbpx

Ciri-Ciri Skin Barrier yang Rusak dan Cara Memperbaikinya

Healthy Skin - Angga Yoga AVO - June 16, 2021

Kamu punya masalah kulit yang tidak kunjung usai? Bisa jadi skin barrier wajahmu rusak. Coba ikuti beberapa cara memperbaiki skin barrier ini yuk!

Kamu merasa kalau masalah kulitmu tidak segera bisa diatasi walaupun sudah memakai banyak produk perawatan kulit? Kalau iya, bisa jadi jadi masalah ada pada skin barrier. Ini saatnya kamu fokus pada permasalahan dasar kulit. Skin barrier ini adalah lapisan pelindung paling luar kulit yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan. Nah, kamu perlu mengetahui ciri-ciri skin barrier yang rusak terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memperbaiki skin barrier wajahmu!

Penyebab Kerusakan Skin Barrier

Ada banyak hal yang menyebabkan kerusakan skin barrier. Bisa dari penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat, memilih kandungan produk yang salah, cuaca, bahkan usia. Nah, untuk lebih spesifiknya penyebab skin barrier rusak adalah ini:

1. Menggunakan produk kecantikan dengan bahan keras sehingga menyebabkan iritasi kulit. Biasanya ditandai dengan kulit mengelupas dan kering.

2. Over exfoliating yang membuat skin barrier terkikis. Bukannya mengangkat sel kulit mati, tetapi lapisan pelindung kulit terluar akhirnya menjadi rusak.

3. Kelembapan kulit tidak terjaga. Hal ini memang sering terjadi terutama bagi pemilik kulit berminyak. Banyak yang beranggapan tidak perlu mengaplikasikan pelembap ke wajah karena membuat wajah semakin berminyak. Padahal, semua jenis kulit membutuhkan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat terawat.

4. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa memakai sunscreen. Sinar matahari ini menjadi penyebab kulit rusak yang paling menakutkan.

5. Kurang tidur, stres, terpapar polusi, usia menua.

Ciri-Ciri Skin Barrier Rusak

Permasalahan yang terjadi pada kulit wajah memang bisa dikenal dengan ciri-ciri yang nampak maupun yang dirasakan. Skin barrier yang rusak juga bisa dikenali. Beberapa hal yang bisa dirasakan ketika skin barrier rusak adalah kulit menjadi kering, kusam, bersisik, gatal, mengelupas, kemerahan, terasa sangat berminyak, kasar dan berjerawat. Selain itu, sensasi kulit seperti ditarik juga bisa menjadi indikasi kalau skin barrier kamu bermasalah. Untuk ciri-ciri seperti ditarik ini kamu harus perhatikan dengan seksama agar bisa memberi penanganan yang tepat.

Baca Juga : Rekomendasi Layering Skincare untuk Mengatasi Permasalahan Kulitmu

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri skin barrier yang rusak, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi. Kamu bisa mengatasi skin barrier yang rusak dengan beberapa cara ini.

1. Lakukan perawatan kulit dasar, kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak produk skincare.. Kamu bisa menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser, Intensive Nourishing Day Cream, dan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin untuk mengembalikan skin barrier yang rusak.

2. Hidrasi kulit dengan baik untuk menghindari munculnya jerawat, komedo, dan breakout. Maka dari itu kamu perlu menghidrasi kulit dengan maksimal. Kamu bisa menggunakan Perfect Hydrating Treatment Essence, Your Skin Bae Serum Niacinamide, atau Your Skin Bae Toner Niacinamide.

3. Berhenti lakukan eksfoliasi kulit. Ketika skin barrier sedang bermasalah, jangan melakukan eksfoliasi untuk menghindari kerusakan skin barrier semakin parah. Setelah kulit kembali normal, kamu bisa lakukan eksfoliasi kembali.

4. Pakai skincare yang memberikan efek menenangkan seperti produk dengan kandungan hyaluronic acid, tea tree oil, centella asiatica, calendula, snail mucin. Nah, kamu bisa menambahkan Your Skin Bae Serum Hyacross dalam skincare routinemu.

5. Hindari produk skincare bersifat astrigen karena bisa membuat kulit kering. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan antioksidan dan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Hal ini untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Mulai sekarang lebih perhatikan Kesehatan kulitmu ya, Sahabat AVO! Jangan sampai skin barrier rusak dan membuat kulitmu menjadi tidak sehat.

Last Updated on October 12, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *