fbpx

Alasan Reapply Sunscreen Wajib Dilakukan dan Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Healthy Skin - Angga Yoga AVO - April 28, 2021

Pakai sunscreen wajib banget untuk reapply setiap 2-3 jam sekali. Sebenarnya, kenapa sih kita harus rutin reapply sunscreen?

Kamu pasti sering mendengar info tentang angka yang tertera di belakang kata SPF menentukan berapa lama kita terlindungi dari paparan sinar matahari tanpa membuat kulit terbakar. Sebenarnya cara mengetahui sunscreen bisa bertahan berapa lama itu cukup mudah, misalnya SPF 50 berarti 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Nah, perhitungan ini memang sebatas teori dalam laboratorium dan penelitian dilakukan menggunakan lampu penghantar sinar UV. Kenyatannya, kulit bisa lebih mudah terbakar sinar UV. Maka dari itu, reapply sunscreen perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Simak dulu cara tepat reapply sunscreen agar kulit lebih terlindugi secara maksimal.

cara reapply sunscreen
Reapply Sunscreen Diperlukan untuk Pemakaian Sunscreen yang Efektif

Cara Reapply Sunscreen

1. Gunakan Beauty Sponge saat Reapply Sunscreen

Cara reapply sunscreen yang pertama adalah dengan menggunakan spons yang lembut (beauty sponge). Kalau kamu tidak menggunakan sunscreen spray karena aerosol atau apapun alasannya, kamu bisa menggunakan beauty product ini untuk re-apply sunscreen di atas makeup.

Kamu perlu menggunakan beauty sponge kering, akan lebih baik jika menggunakan velvet sponge tetapi kalau tidak punya bisa beauty sponge biasa saja. Sebenarnya velvet sponge lebih baik digunakan untuk re-apply sunscreen karena lebih sedikit menyerap produk dibandingkan beauty sponge biasa. Pastikan sponge yang kamu gunakan dalam keadaan kering saat reapply sunscreen ya!

Cara Reapply Sunscreen Bisa dengan Menggunakan Beauty Sponge

2. Pilih Sunscreen yang Tepat

Agar tone makeup tidak berubah warna secara tiba-tiba, kamu harus memilih sunscreen yang tidak menimbulkan whitecast di kulit. Agar wajah tidak terasa berat, kamu juga perlu menggunakan sunscreen yang mudah meresap, tidak lengket, dan teksturnya ringan. Kamu perlu memilih sunscreen yang memiliki kandungan oil control dan comedogenic untuk memudahkanmu menggunakan makeup setelah sunscreen.

Pilihan Sunscreen yang Tepat akan Membuat Pemakaian Sunscreen Lebih Efektif

Nah, kamu bisa menggunakan Multipurpose Tinted Sunscreen. Sunscreen ini sudah memiliki kandungan oil control dan comedogenic. Bahkan, kamu tidak perlu repot menggunakan base makeup lagi karena sunscreen ini bisa kamu gunakan sebagai base makeup dan kamu bisa memilih shade yang sesuai tone kulitmu. Tidak perlu khawatir dengan white cast lagi kan!

Baca Juga: Tips Memakai Sunscreen Agar Nyaman di Wajah

3. Hindari Gesekan Saat Reapply Sunscreen

Cara reapply sunscreen adalah dengan menuangkan sunscreen langsung pada beauty sponge yang kamu gunakan. Setelah itu, aplikasikan sunscreen dengan cara menepuk-nepuk sponge ke seluruh area wajah. Sebaiknya jangan menggesek sponge karena akan membuat makeup terangkat atau menempel pada sponge. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan perlahan agar sunscreen bisa merata sempurna di wajah.

Ketiga poin tersebut adalah tiga cara reapply sunscreen yang bisa kamu lakukan. Lalu sebenarnya apa alasan kamu harus reapply sunscreen setiap 2 jam sekali? Berikut adalah alasan mengapa kamu harus pakai lagi sunscreen-mu (reapply sunscreen):

Alasan Reapply Sunscreen Disarankan

1. Semakin Lama Proteksi Sunscreen Menurun

Salah satu alasan utama adalah sunscreen yang digunakan akan berkurang kemampuannya seiring berjalannya waktu. Cara kerja sunscreen adalah dengan menetralisir sinar UV yang menyentuh kulit, maka kemampuan UV filter dalam sunscreen lama kelamaan akan melemah. Hal ini akan lebih terlihat jelas pada chemical sunscreen, karena chemical filters bekerja dengan cara mengubah radiasi dari sinar UV menjadi senyawa yang tidak berbahaya. Maka dari itu, kamu wajib reapply sunscreen setiap dua jam sekali kalau sering terpapar sinar UV.

2. Bisa Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Meskipun kamu sudah memakai skincare anti-aging dari usia 20an, tanpa sunscreen kulitmu tetap akan menua lebih cepat. Fungsi utama sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UVA dan UVB yang bisa mempercepat proses penuaan kulit. Kalau tidak dirawat akan muncul dark spots, kerutan halus, sampai elastisitas kulit mulai hilang. Kalau kamu tidak rajin memakai sunscreen, kulitmu akan terlihat jauh lebih tua dari usia sesungguhnya.

Baca Juga: Multipurpose Tinted Sunscreen, Sunscreen Sekaligus Makeup

3. Sunscreen Terhapus Secara Tidak Sengaja

Sunscreen yang sudah diaplikasikan pada wajah bisa terhapus secara tidak sengaja. Mulai dari kebiasaan memegang wajah, berkeringat, hingga touch up makeup menggunakan kuas atau sponge. Pasti ada saja yang malas reapply makeup karena sudah pakai makeup nanti repot untuk merapikan makeup lagi. Padahal, hal ini bisa membuat sunscreen tidak bekerja secara efektif.

Nah, kalau kamu masih bingung dengan alasan makeup, kamu bisa menggunakan Multipurpose Tinted Sunscreen. Kamu sudah menggunakan sunscreen sekaligus base makeup dalam satu waktu. Jadi, kamu tidak akan kesusahan untuk melakukan reapply karena alasan makeup nanti berantakan.

Tinted sunscreen ini dilengkapi dengan SPF 50 PA++++ sehingga mampu memberi perlindungan kulit sekaligus meratakan warna kulit dengan hasil akhir yang natural. Memiliki formula oil control dan kandungan Salicylic Acid yang mampu memberi perawatan pada jerawat.

Bagaimana? Reapply sunscreen sangat penting dan mudah, kan? Sekarang sudah ada produk yang memudahkanmu untuk mengaplikasikan sunscreen secara berkala jadi tidak ada alasan untuk malas pakai sunscreen.

Last Updated on October 12, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *