fbpx

Kandungan yang Tidak Boleh Dipakai Bersama Retinol

Healthy Skin - Arif Budiman AVO - February 16, 2021

Kandungan retinol banyak digemari oleh perempuan. Apa saja sih kandungan yang tidak boleh dipakai bersama retinol?

Tren perawatan kulit dengan teknik layering skincare sangat digemari banyak perempuan. Salah satu kandungan yang banyak digunakan untuk layering adalah retinol. Retinol merupakan salah satu kandungan yang populer di kalangan skincare ethusiast. Kandungan retinol ini sering ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit, khususnya yang berlabel anti aging. Nah, retinol ini adalah turunan dari vitamin A yang dapat bekerja secara efektif untuk merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Namun, ada kandungan yang tidak boleh dipakai bersama retinol. Apa saja sih?

1. Retinol dan Benzoil Peroksida

Dilansir dari NYTimes, retinol dan benzoil peroksida tidak baik digunakan secara bersamaan. Kedua jenis kandungan ini dikenal dapat mengobati jerawat, jadi tidak heran jika banyak orang menggunakannya bersamaan untuk memaksimalkan proses pengobatan jerawat. Padahal, retinol dan benzoil peroksida adalah kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan. Saat digunakan bersamaan, beberapa orang akan mengalami kulit kemerahan, kering, dan mengelupas. Selain itu, beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan keduanya secara bersamaan dapat mematikan khasiat zat aktif satu sama lain. Hal ini akan membuat kandungan ini tidak bermanfaat dan jerawat sulit untuk sembuh.

2. Retinol dan AHA/BHA

Retinol, alpha hydroxy acid/AHA (termasuk asam glikolat, asam laktat), dan beta hydroxy acid/BHA, adalah kandungan skincare yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan tanda penuaan. Namun, ketiga kandungan ini tidak boleh digunakan secara bersamaan karena beresiko membuat kulit wajah mengelupas, kemerahan, hingga iritasi. Apalagi jika dilakukan pada kulit wajah kombinasi.

Retinol dan AHA/BHA memiliki fungsi yang mirip yaitu untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Jika digunakan secara bersamaan akan menyebabkan over-exfoliate. Namun, kamu tidak perlu berhenti menggunakan kedua produk ini. Kamu bisa menggunakannya secara bergantian. Kamu bisa menggunakan AHA/BHA pada pagi hari dan retinol pada malam hari. Kamu juga bisa menggunakannya bergantian seperti AHA/BHA pada hari ini lalu besoknya menggunakan retinol, dan seterusnya.

Baca Juga : Review Avoskin Miraculous Retinol Series – Jean Mika

3. Retinol dan Vitamin C

Retinol dan vitamin C menjadi kandungan vitamin produk perawatan kulit yang digunakan berlapis untuk mengurangi kerutan dan noda hitam di wajah serta meratakan tekstur kulit. Kedua kandungan skincare ini tidak boleh digunakan bersamaan. Retinol dan vitamin C bekerja pada lingkungan pH yang berbeda. Retinol bekerja dalam kadar pH yang lebih tinggi sedangkan vitamin C diformulasikan pada pHy lebih rendah. Jadi, saat digunakan bersamaan, retinol dan vitamin C tidak dapat bekerja secara optimal.

4. Retinol dan Asam Salisilat

Kandungan skincare retinol dan asam salisilat tidak boleh digunakan bersamaan. Karena retinol adalah turunan dari vitamin A yang berfungsi merangsang pergantian sel-sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Sedangkan, asam salisilat adalah kandungan skincare yang bertujuan meregenerasi kulit dan mengobati jerawat.

Retinol dan asam salisilat dapat menyebabkan kulit kering jika digunakan sendiri. Sedangkan saat digunakan secara bersamaan dapat berisiko menimbulkan masalah kulit seperti kulit semakin kering, iritasi, mengelupas, dan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Itu dia beberapa kandungan skincare yang sebaiknya tidak kamu gunakan bersama dengan retinol. Jika kamu ingin menggunakan beberapa kandungan itu bersama dengan retinol, kamu bisa menggunakan retinol di malam hari dan kandungan lain pada siang hari.

Last Updated on October 12, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *